Kisi-Kisi SAS Bahasa Indonesia

                    

Nama Guru           : Sarah Dhiba Rangkuti, S.Pd.

Mata Pelajaran      : Bahasa Indonesia

Kelas                      : X 

Pertemuan             : 1

CP                             : Peserta didik mampu mengevaluasi dan mengkreasi informasi berupa gagasan, pikiran, perasaan, pandangan, arahan atau pesan yang akurat dari menyimak berbagai jenis teks (nonfiksi dan fiksi) dalam bentuk monolog, dialog, dan gelar wicara.

Tujuan                   : Memahami pemilihan kata, pengaturan rima dan tampilan tipografi dalam mendukung makna dan amanat puisi

Materi                    : Teks Puisi

Metode                  : Diskusi dan tanya jawab

Pendekatan            : Saintifik

Kisi-kisi SAS Bahasa Indonesia Fase E

1 Peserta didik diminta untuk mengartikan teks negosiasi

2 Peserta didik mampu menyebutkan tujuan utama dari teks negosiasi

Peserta didik mampu menyebutkan ciri-ciri teks negosiasi

4 Disediakan contoh teks negosiasi, peserta didik diminta menentukan tahapan secara tepat berdasarkan contoh teks negosiasi yang disajikan 

5 Disedikan teks negosiasi, peserta didik diminta untuk menganalisis struktur teksnegosiasi berdasarkan teks tersebut

6 Diberikan contoh teks negosiasi, diminta peserta didik menganalisis teks tersebut berdasrkan yang disampaikan dalam teks negosiasi (untuk nomor 6 – 9)

10 Disediakan kalimat, peserta didik diminta menentukan bentuk kalimat

11 Disajikan teks negosiasi, peserta didik diminta menentukan struktur teks negosiasi

12 Disajikan teks negosiasi, peserta didik mengonversi dialog negosiasi menjadi monolog 

13 Peserta didik mampu menyusun struktur teks dengan tepat

14 Peserta didik diminta untuk mengartikan kalimat yang menyatakan sesuatu.

15 Disajikan contoh teks negosiasi, peserta didik diminta melengkapi teks yang rumpang

16 Disajikan argumen dalam debat, peserta didik diminta menentukan argumen tersebut

disampaikan oleh siapa (untuk nomor 16 dan 17)

18 Disajikan argumen dalam debat, peserta didik diminta menentukan mosi

19 Disediakan teks biografi, peserta didik diminta menentukan strktur teks biografi (untuk nomor 19– 21)

22 Diberikan contoh teks biografi, peserta didik diminta menganalisis berdasarkan struktur teks negosiasi

23 Peserta didik diminta untuk menyebutkan unsur kebahasan dalam biografi (untuk nomor 23 – 25)

26 Disajikan contoh teks biografi, peserta didik diminta untuk menganalisis yang disampaikan teks biografi yang disajikan

27 Disajikan contoh teks biografi, peserta didik diminta menganalisis pronominal persona

28 Disajikan contoh teks biografi, peserta didik diminta menganalisis konjungsi temporal

29 Disajikan contoh puisi, peserta didik diminta untuk menganalisis sesuai gaya bahasa yang ada didalam puisi tersebut (untuk nomor 29 – 30)

31 Disajikan contoh puisi, peserta didik diminta menentukan tema puisi

32 Disajikan contoh puisi, peserta didik diminta menentukan imaji atau citraan (untuk nomor 32 – 33)

34 Disajikan contoh puisi, peserta didik diminta menganalisis amanat dalam puisi

35 Peserta didik diminta menyebutkan jenis puisi

36 Peserta didik diminta untuk mengartikan persamaan bunya pada puisi

37 Disajikan contoh puisi, peserta didik menganalisis tema puisi

38 Disajikan contoh puisi, peserta didik menganalisis suasana puisi

39 Disajikan contoh puisi, peserta didik menganalisis makna puisi (untuk nomor 39 dan 40)


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Menemukan Ide Pokok dalam Teks Biografi

Kisi-Kisi STS Bahasa Indonesia