3.3 Mengidentifikasi informasi yang mencakup orientasi, rangkaian kejadian yang saling berkaitan, komplikasi dan resolusi dalam cerita sejarah dan 4.3 Mengonstruksi nilai-nilai dari cerita sejarah dalam sebuah teks eksplanasi

Jumlah Pertemuan : 4 X 2JP
Pertemuan ke          : 2
Tanggal                     : 22 Agustus 2019
Materi                       : Teks Cerita Sejarah
Kelas                         : XII IPA  8

Definisi Teks Cerita Sejarah

Teks cerita sejarah adalah teks yang menjelaskan dan menceritakan tentang fakta dan kejadian masa lalu yang menjadi latar belakang terjadinya sesuatu yang memiliki nilai sejarah.

Manfaat Teks Cerita Sejarah

  1. Memberikan kesadaran waktu bahwa kehidupan pasti berubah, bertumbuh, dan berkembang melewati waktu. Oleh karna itu, setiap insan akan senantiasa berupaya mengukir sejarah kehidupan dengan sebaik-baiknya.
  2. Memberikan pelajaran yang baik dengan mengambil hikmah dari kesalahan yang pernah terjadi baik positif maupun negatif.
  3. Memperkokoh rasa kebangsaan (nasionalisme) karna terbentuknya suatu bangsa disebabkan adanya kesamaan sejarah besar di masa lampau.
  4. Memberikan ketegasan identitas nasional dan kepribadian suatu bangsa karna setiap bangsa memiliki pengalaman sejarah yang berbeda-beda. Berdasarkan sejarah kita adalah bangsa yang tidak mudah menyerah; gigih dalam melawan semua bentuk penjajahan. Dengan demikian, tidaklah layak apabila kita sebagai generasi penerusnya begitu mudah menyerah dalam menghadapi setiap masalah.
  5. Sumber inspirasi untuk menumbuhkan cita-cita masa depan dari pengetahuan dan cita-cita masa lampau
  6. Sarana rekreatif 

Ciri – Ciri Teks Sejarah

Adapun ciri-ciri yang dimiliki oleh teks sejarah, diantaranya:
  1. Disajikan secara kronologis atau urutan peristiwa atau urutan kejadian.
  2. Bentuk teks cerita ulang (recount)
  3. Struktur teksnya: orientasi, urutan peristiwa, reorientasi.
  4. Sering menggunakan konjungsi temporal.
  5. Isi berupa fakta.

Struktur Teks Cerita Sejarah

Harus terdapat 3 struktur berikut ini untuk membuat teks sejarah yang baik:
  1. Orientasi, merupakan bagian pengenalan atau pembuka dari teks cerita sejarah yang berisi penyampaian informasi tentang pengertian ataupun definisi luas peristiwa yang akan diceritakan.
  2. Rekaman peristiwa merupakan rangkaian peristiwa sejarah yang terjadi, umumnya disampaikan dalam urutan kronologis.
  3. Reorientasi, berisi cerita akhir dari paparan peristiwa yang disampaikan sebelumnya. Bentuk umumnya berupa akibat dari rangkaian peristiwa sebelumnya misal berupa kekalahan, kemenangan, kematian, penaklukan. Mungkin pula berisi kesimpulan atau komentar pribadi penulis tentang peristiwa atau kejadian sejarah yang diceritakan.

Yuk nonton Bumi Manusia sebagai Novel Sejarah yang difilmkan 😆 salah satu referensi untuk materi ini 

Komentar

Postingan Populer