Kelas   : XI IPA 1, 5, 6

3.1 Mengorganisasi informasi berupa pernyataan-pernyataan umum dan tahapan-tahapan dalam teks prosedur dan 4.1 Merancang pernyataan umum dan tahapan-tahapan dalam teks prosedur dengan organisasi yang tepat secara lisan dan tulis

Hari      : Rabu, 15 Juli 2020
Materi  : Teks Prosedur





Simaklah gambar di atas sesuai dengan urutan nomor. Apa yang dapat kamu simpulkan? 
Kamu tentu pernah melakukan prosedur seperti urutan gambar di atas. Gambar tersebut merupakan alur penerimaan peserta didik. Coba kamu ingat-ingat kembali langkah apa saja yang kamu lakukan saat mendaftar sekolah?



Alur penerimaan peserta didik baru yang dijabarkan pada gambat merupakan salah satu contoh teks prosedur. Nah, teks prosedur adalah materi pertama kita di kelas XI.

Teks prosedur 

Teks prosedur adalah teks yang berisi langkah-langkah yang harus diikuti agar suatu pekerjaan dapat dilakukan dengan baik.

Terdapat dua jenis teks prosedur, yaitu sederhana dan kompleks. Teks prosedur sederhana yakni langkah-langkah yang dilakukan sederhana misalnya prosedur membuat minuman teh hangat. Teks prosedur kompleks yakni jika prosedur yang dilakukan rumit atau banyak misalnya cara membuat figura foto dengan kardus bekas.

Tujuan teks prosedur yaitu untuk menginformasikan cara melakukan, menggunakan, atau membuat sesuatu supaya pendengarnya dapat mencapai tujuan tertentu dengan melakukab beberapa tahapan yang terstruktur atau teratur.

Di dalam teks prosedur terdapat informasi berupa pernyataan umum dan tahapan-tahapan untuk melakukan atau membuat sesuatu.

Bagian pernyataan umum dalam teks prosedur merupakan bagian yang menyatakan hal-hal umum. Bagian ini dapat memuat maksud, tujuan, materi, alat, atau bahan. Sedangkan tahapan dalam teks prosedur memuat informasi berupa hal-hal yang harus dilakukan secara urut untuk mencapai tujuan.


Tugas!




1. Mengapa bagian atas dinamakan
    "pernyataan umum"?
2. Apakah tahapan-tahapan pada bagian
    selanjutnya sudah jelas?
3. Apakah perbedaan utama teks prosedur
    dengan jenis teks lainnya?
4. Dari isinya, menjelaskan tentang apakah
    teks prosedur itu?
5. Bagaimana karakteristik umum teks
    prosedur itu?


Komentar

Postingan Populer