Rabu, 01 April 2020

Kelas X IPA 5
3. 15 Menganalisis struktur dan kaidah kebahasaan teks biografi dan 4. 15 Menyusun teks biografi tokoh


Perhatikan contoh berikut ini:
Teks Asli pada Paragraf Pertama Biografi Tokoh B. J. Habibie

B.J. Habibie adalah salah satu tokoh anutan dan menjadi kebanggaan bagi banyak orang di Indonesia. Beliau adalah Presiden ketiga Republik Indonesia. Nama dan gelar lengkapnya Prof. DR (HC). Ing. Dr. Sc. Mult. Bacharuddin Jusuf Habibie. Beliau dilahirkan di Pare-Pare, Sulawesi Selatan, pada tanggal 25 Juni 1936. Beliau merupakan anak keempat dari delapan bersaudara, pasangan Alwi Abdul Jalil Habibie dan RA. Tuti Marini Puspowardojo. Habibie menikah dengan Hasri Ainun Habibie pada tanggal 12 Mei 1962 dan dikaruniai dua orang putra yaitu Ilham Akbar dan Thareq Kemal.

Penceritaan dengan bahasa berbeda
B.J. Habibie adalah Presiden ketiga Republik Indonesia yang dikenal sebagai teknokrat kebanggaan orang Indonesia. Putra asli Pare-Pare Sulawesi Selatan ini lahir pada tanggal 25 Juni 1936 dari pasangan Alwi Abdul Jalil Habibie dan RA. Tuti Marini Puspowardojo. Ia membina rumah tangga dengan Hasri Ainun Habibie pada tanggal 12 Mei 1962 dan dikaruniai dua orang putra yaitu Ilham Akbar dan Thareq Kemal. Presiden kebanggan Indonesia ini memiliki gelar lengkap gelar lengkapnya Prof. DR (HC). Ing. Dr. Sc. Mult.yang diperolehnya dari luar negeri.

Tugas!
Menceritakan kembali teks biografi tokoh
B. J. Habibie yang telah kita bahas sebelumnya.
Langkah-langkahnya :
● Bacalah kembali teks biografi B. J. Habibie yang ada pada blog tanggal 30 Maret 2020
● Tulislah teks biografi B. J. Habibie yang telah dibaca dengan bahasamu sendiri ( Di atas adalah contohnya untuk paragraf pertama. Silahkan dilanjutkan atau boleh diganti paragraf pertamanya sesuai dengan hasil bacaanmu)
● Ceritakan teks biografi B. J. Habibie yang telah ditulis dengan bahasamu sendiri ( dalam bentuk video, kemudian unggah di Instagram masing2, jangan lupa dicaptionnya tulis nama, kelas, dan tag IG saya Sarahrangkuti16 )
● Setelah semua selesai, tinggalkan komentar "Selesai" diblog ini

Note: Batas waktu pengerjaan tugas ini paling lambat 1 x 24 jam setelah dipublikasikannya blog ini.

Komentar

Posting Komentar

Postingan Populer