Surat Lamaran Pekerjaan

  1. Pengertian surat lamaran pekerjaan
  • Surat lamaran pekerjaan adalah surat dari seseorang yang memerlukan pekerjaan kepada orang atau pejabat yang dapat memberikan pekerjaan atau jabatan.
  • Surat lamaran kerja adalah surat yang dibuat oleh seseorang untuk melamar pekerjaan di suatu perusahaan, kantor atau instansi tertentu.
  • Surat lamaran kerja merupakan surat yang digunakan untuk melamar pekerjaan atau surat penjualan yang berhubungan dengan bagaimana anda menjual segala potensi diri kepada lembaga yang menyediakan lowongan pekerjaan. Menurut Kuntarto (2009), prinsip 3A (Attraction, Attention,  dan Action) dapat dijadikan landasan ketika akan membuat lamaran.

  1. Unsur Kebahasaan Surat Lamaran Pekerjaan
Surat lamaran yang baik dan benar mempunyai ciri-ciri :
  1.   Mempunyai bentuk yang menarik
  2. Mempunyi bahasa yang menarik
  3. Menggambarkan kemampuan pelamar
  4. Tepat pada sasaran
  5.   Penulisan sesuai dengan EYD
Unsur dan cara pembuatan surat lamaran pekerjaan
  1. Gunakan bahasa yang baik dan benar.
pergunakan bahasa yang formal karena surat lamaran kerja termasuk surat resmi jangan menggunakan bahasa yang tidak patut dalam pembuatan surat resmi.

  1. Tulislah kalimat yang singkat padat dan jelas.
jangan bertele-tele dalam menulis surat lamaran karena surat lamaran bisa menampilkan jati diri seseorang serta sebuah instansi atau perusahaan tidak menyukai surat lamaran yang bertele-tele.

  1. Tulislah secara manual menggunakan tangan.
penulisan surat lamaran kerja secara manual lebih disukai perusahaan karena melalui tulisan tangan bisa dinilai bagaimana pribadi seseorang.

  1. Perhatikan kebersihan surat lamaran kerja.
jangan sampai ada coretan atau bekas penghapus dalam surat lamaran kerja, jika salah menulis lebih baik tulis ulang di kertas baru, jangan menggunakan stipo untuk menghapus.

  1. Isi secara jelas data diri dan informasi yang informasi tentang diri anda, serta lampirkan dokumen-dokumen pendukung seperti daftar riwayat hidup, fotocopy identitas diri serta dokumen-dokumen lain yang menjadi persyaratan.

  1. Jika anda mempunyai sertifikat pendukung yang bisa menambah nilai plus untuk diri anda jangan ragu untuk melampirkannya.

  1. Sistematika Surat Lamaran Pekerjaan
  1. Kepala surat
  2. Tempat dan tanggal pembuatan surat
  3. Hal atau perihal
  4. Lampiran
  5. Alamat tujuan
  6. Salam pembuka
  7. Isi surat yang terbagi menjadi tiga bagian pokok yaitu :
  • Paragraf pembuka
  • Isi surat ( Data pribadi pelamar, pendidikan, pengalaman bekerja, lampiran )
  • Paragraf penutup
  1. Salam penutup
  2. Tanda tangan dan nama terang

  1. Contoh Surat Lamaran Pekerjaan yang baik dan benar
                           Bandarlampung, 28 Juli 2016
Perihal  : Lamaran kerja
Lampiran : Satu Berkas
Yth.
HRD Manager PT Maspion
Jl. Hasanudin No. 13, Subang
Dengan hormat,
Berdasarkan informasi dari media cetak, koran Indo menngai lowongan di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin. Melalui surat ini saya ingin mengajukan diri untuk melamar pekerjaan di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin guna mengisi posisi yang di butuhkan saat ini. Saya yang bertanda tangan dibawah ini :
Nama : Lucky Hasanudin
Tempat/Tanggal Lahir : Sumedang, 13 Juni 1989
Jenis kelamin : Laki-laki
Pendidikan : SMK Rekayasa Perangkat Lunak
Alamat : Jl. Cilencang No. 06 RT/RW 06/13
Telepon : 08976543212
Untuk melengkapi beberapa data yang diperlukan sebagai bahan pertimbangan Bapak/Ibu pimpinan waktu yang akan datang, saya lampirkan juga kelengkapan data diri sebagai berikut :
1. Pas photo
2. Foto copy KTP
3. Daftar riwayat hidup
4. Foto copy Ijazah terakhir
5. Foto copy SKHUN
6. Foto copy sertifikat Competensi
7. Foto copy sertifikat PKL
8. Foto copy surat keterangan Referensi
Demikian surat lamaran ini saya buat dengan sebenarnya dan atas perhatiannya serta kebijaksanaan Bapak/Ibu pimpinan saya mengucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Lucky Hasanudin

Komentar

Postingan Populer